Belum banyak disadari Ternyata ini dia 9 Bagian Tubuh manusia yang Paling Kotor dan Mengandung banyak Bakteri!

Kita semua tahu bahwa tubuh merupakan tempat berkembang biak segala macam bakteri dan kuman. Itu sebabnya, seseorang dianjurkan untuk mandi dua kali sehari demi membasmi bakteri dan kuman.

Meski sudah membasuh tubuh dengan air dan sabun saat mandi, ada beberapa bagian tubuh yang mendapat julukan paling kotor selain anus yang bersentuhan dengan feses. Menurut penelitian, ada sekitar 615 bakteri yang bermukim di 9 bagian tubuh ini, sehingga menjadi lokasi paling kotor.
Penasaran dimana saja letak 9 bagian tubuh itu? Berikut ulasannya seperti dilansir laman Boldsky.
1. Mulut
Ya, tentu Anda tak pernah membayangkan bahwa setiap harinya ratusan bakteri berkumpul di mulut. Apalagi mulut merupakan tempat masuknya makanan favorit Anda setiap hari. Tapi penelitian menunjukkan bahwa ada sekitar 600 jenis bakteri yang hidup di mulut.
2. Ketiak
Ketiak identik dengan bau yang berasal dari keringat yang mengendap di sana. Tapi tahukah Anda bahwa ketiak merupakan tempat paling kotor di tubuh karena menjadi tempat sekitar 80 ribu bakteri. Itu sebabnya ketiak harus dibersihkan dengan sabun antibakteri untuk membasminya.
3. Telinga
Telinga menyimpan kotoran yang sebenarnya melindungi telinga dari berbagai bakteri. Namun, tentu saja jika Anda membersihkan telinga dengan cotton bud, maka Anda akan menemukan kotoran berwarna kekuningan yang menjijikkan.
4. Lidah
Lidah merupakan rumah bakteri yang berada di mulut. Lidah yang penuh dengan bakteri ditandai dengan adanya bercak keputihan. Jadi, Anda harus selalu membersihkan lidah dengan pembersih khusus setelah menggosok gigi.
5. Kuku
Kuku yang ada di jari tangan dan kaki Anda merupakan salah satu bagian yang paling kotor dari tubuh manusia. Kulit di bawah kuku mengandung beberapa bakteri yang mematikan sehingga Anda harus senantiasa mencuci tangan setelah dan sebelum beraktivitas.
6. Kulit kepala
Gatal di kulit kepala tidak hanya disebabkan oleh ketombe tapi juga karena bakteri yang bercampur dengan kotoran di kulit kepala.
7. Pusar
Salah satu bagian yang paling kotor dari tubuh adalah pusar. Jika Anda tak sering membersihkan bagian ini maka Anda akan menemukan kotoran berwarna hitam di pusar dengan bau yang menyengat. Jadi setiap mandi pastikan Anda juga harus membersihkan pusar.
8. Anus
Anus tentu saja adalah bagian yang paling kotor. Setiap hari feses dikeluarkan dari anus. Itu sebabnya Anda harus benar-benar membersihkan anus untuk mencegah berkembangnya bakteri.
9. Hidung
Ya, hidung juga merupakan salah satu penghasil kotoran di tubuh. Melalui hidung pula udara disaring sehingga wajar jika bakteri dan kuman juga hinggap di bagian tubuh ini. Sering-seringlah membersihkan bagian hidung ketika mandi dan mencuci muka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel